cover
Contact Name
Muhammad Jamil
Contact Email
unilib@uii.ac.id
Phone
+62274898444
Journal Mail Official
unilib@uii.ac.id
Editorial Address
Jln. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta, Indonesia, 57168 Phone: +62274-89844 Website: http://journal.uii.ac.id/unilib Email: unilib@uii.ac.id
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Unilib: Jurnal Perpustakaan
ISSN : 19799527     EISSN : 2715274X     DOI : http://dx.doi.org/10.20885/unilib
Core Subject : Science,
Unilib: Jurnal Perpustakaan adalah jurnal yang diterbitkan yang mencakup topik-topik yang menarik bagi semua orang yang meneliti dan bekerja di bidang ilmu perpustakaan, informasi dan manajemen pengetahuan. Editor jurnal menerima materi tentang segala aspek teori ilmu informasi, kebijakan, aplikasi atau praktik yang akan memajukan pemikiran di bidang tersebut. Cakupan topik secara rinci meliputi: • Aspek teoretis dan umum dari perpustakaan dan informasi; • Pelayanan teknis di perpustakaan; • Teknologi, penggunaan dan sosiologi informasi di perpustakaan; • Literasi informasi; • Koleksi perpustakaan; • Penerbitan dan masalah hukum; • Manajemen Perpustakaan; • Sumber informasi. Jurnal berusaha untuk menerbitkan artikel-artikel bidang tersebut dengan pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip yang mendukung penciptaan, organisasi, penyimpanan, komunikasi, dan pemanfaatan informasi dan sumber pengetahuan yang efektif. Juga pemahaman bagaimana kebijakan dan praktik di bidang tersebut dapat dibangun di atas landasan teoritis yang kuat yang diharapkan memberikan dampak yang lebih besar pada pengembangan ilmu pengetahuan. Diterbitkan oleh Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia dua kali dalam setahun yaitu di bulan Februari dan Agustus. Setiap korespondensi, pertanyaan atau permintaan informasi dapat dikirim ke Kantor Editorial melalui email: unilib@uii.ac.id . Semua terbitan Unilib: Jurnal Perpustakaan tersedia untuk dijelajahi secara online.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 2013" : 5 Documents clear
Model Pengembangan Perpustakaan Digital Perguruan Tinggi Di Indonesia sungadi sungadi
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 4 No. 1 2013
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini membahas model pengembangan perpustakaan digital perguruan tinggi di Indonesia yang masing-masing mewakili institusi yang berbeda. Dengan mengambil lima (5) contoh antara lain : Perpustakaan Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Islam Indonesia (UII). Dari beberapa perguruan tinggi tersebut dapat diketahui bahwa perguruan tinggi itu telah mengembangkan Perpustakaan Digital dan telah beroperasi secara lokal maupun dengan memanfaatkan internet. Kelima Perguruan Tinggi tersebut mengembangkan koleksi digitalnya dengan memulai digitalisasi koleksi lokal (local content), berupa skripsi, tesis, disertasi, dan hasil penelitian. Kelima Perpustakaan Digital tersebut secara teknis memakai model pengembangan OAIS, dengan ciri-ciri kegiatannya lebih menekankan pada proses kerja yakni bagaimana cara mereka mengelola paket informasi.
Perpustakaan Dan Pelestarian Kebudayaan Hilman Nugraha
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 4 No. 1 2013
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia dikenal sebagai bangsa yang kaya akan nilai-nilai budaya. Keanekaragaman budaya membentang dari Aceh hingga Papua. Peran perpustakaan menjadi sangat penting sebagai wujud upaya menjaga nilai-nilai kebudayaan dalam melestarikannya. Sebab perpustakaan berfungsi sebagai pelestari ilmu pengetahuan, budaya, dan peradaban suatu bangsa. Disinilah hasil-hasil budaya bangsa dihimpun, dicatat, dikelompokkan, diawetkan dan dilayankan kepada masyarakat untuk dikembangkan lebih lanjut. Mungkin ini yang harus menjadi pemikiran kita bersama berkenaan dengan permasalahan seperti terungkap pada judul di atas. Negara Kesatuan Republik Indonesia dikenal memiliki banyak pulau dan membentang dari ujung barat Sumatera hingga timur Papua. Apabila wilayah Indonesia dibentangkan maka kepulauan Indonesia sama dengan luas benua Eropa. Oleh sebab itu maka peran perpustakaan sangat penting sebagai tempat pelestarian bagi budaya yang eksis dan beraneka ragam yang terdapat di Indoneasia. Kekayaan budaya berupa naskah itu merupakan salah satu hasil karya peradaban pemikiran gemilang masyarakat Nusantara di masa lampau. Kandungan nilai-nilai dan pandangan hidup itu perlu dilestarikan sebab nilai-nilai luhur itu akan menjadi katalisator kemajuan bangsa di era globalisasi ini. Perpustakaan menjadi sangat penting dalam mewujudkan upaya pelestarian warisan budaya bangsa antara lain untuk mendukung kegiatan penelitian, pengkajian, dan penyebarluasan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya. Perpustakaan dapat berperan dalam upaya pelestarian nilai-nilai budaya serta menjamin keberadaan warisan budaya hingga masa yang akan datang.
Evaluasi Terhadap Layanan Internet Perpustakaan Stain Curup, Rejang Lebong, Bengkulu Rhoni Rodin
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 4 No. 1 2013
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian pemustaka terhadap layanan internet khususnya layanan hotspot atau wifi area. Tipe penelitian ini adalah deskriptif analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemustaka Perpustakaan STAIN Curup, Rejang Lebong, Bengkulu baik semester I, III, V, VII, IX, yaitu sejumlah 4.000 pemustaka. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik Accidental sampling . Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan cara pemeriksaan data (editing), memberi kode (coding) dan penyusunan data (tabulasi). Sedangkan Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 50 % responden sangat setuju terhadap jaringan akses internet perpustakaan sangat lancar sehingga mempermudah browsing. Penilaian responden terhadap layanan internet berupa hotspot area memudahkan mahasiswa memperoleh informasi dalam menunjang proses belajar dinyatakan dengan jawaban sangat setuju dengan hasil 58,33%. Penilaian pemustaka terhadap ruang akses internet perpustakaan bersih dan nyaman dinyatakan dengan kategori setuju dengan hasil sebanyak 56,25%. Dari hasil penelitian tersebut, dapat diambil suatu kesimpulan bahwa penilaian responden sangat setuju, bahwa layanan internet Perpustakaan STAIN Curup, Rejang Lebong, Bengkulu sudah sangat menunjang pemustaka dalam mencari informasi yang mereka butuhkan.
Faktor-Faktor Yang Menentukan Ketersediaan Buku Ajar Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi Anton Risparyanto
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 4 No. 1 2013
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian masalah ketersediaan buku ajar koleksi suatu perpustakaan harus diselesaikan melalui suatu rumusan terlebih dahulu, sehingga prosedur penyelesaian masalah dapat dilakukan dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mencari berbagai faktor penentu buku ajar koleksi perpustaakaan perguruan tinggi, sehingga pengadaan dapat dilakukan secara efektif dan efi sien. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif dengan hasil yang diperoleh, bahwa buku ajar koleksi perpustakaan perguruan tinggi sangat ditentukan oleh lembaga induk perpustakaan yang telah mengeluarkan kebijakan, dengan memberi reward, bagi pengajar yang menghasilkan karya sebagai tambahan koleksi perpustakaan. Sedangkan kebijakan perpustakaan yang dilakukan dalam melakukan pengembangan koleksi melalui berbagai prosedur yang berurutan antara lain melakukan verifi kasi anggaran yang digunakan untuk pengadaan (pembelian, hadiah, penggandaan), evaluasi, penyiangan (weeding), dan perawatan koleksi buku
Membangun Kesadaran Aktif Membaca Pada Siswa Sma Dengan Memanfaatkan Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Siswa Riyadi Dwi Prasetya
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 4 No. 1 2013
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) Mengetahui peran perpustakaan sekolah sebagaisalah satu media untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) Mengetahui cara membangun kesadaran membaca buku pada siswa. (3) Mengetahui pengaruh membangun kesadaran membaca buku untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran secara nyata terhadap fenomena yang terjadi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program IPA maupun IPS di SMA Negeri 2 Ngaglik yang selanjutnya diambil sampel sebagai responden sebanyak 50 orang. Adapun metode penentuan sampel yang digunakan adalah simple random sampling (acak sederhana). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara atau interview dan studi pustaka (library research). Adapun metode analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Dari hasil penelitian dapat diambil beberapa kesimpulan: (1) Perpustakaan sekolah sangat berperan menjadi salah satu media untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, terbukti dengan minat kunjungan siswa ke perpustakaan sangat tinggi yaitu dengan intensitas satu minggu sekali, semangat belajar siswa juga terlihat ketika siswa berusaha belajar secara mandiri dengan meminjam buku pelajaran di perpustakaan sekolah untuk menambah referensi buku mereka. (2) Cara membangun kesadaran membaca buku pada siswa yaitu dengan mengubah perilaku atau mengurangi factor-faktor penghambat minat baca pada siswa, dengan menggunakan metode membaca yang lebih menyenangkan. (3) Hubungan kesadaran membaca buku dengan meningkatnya motivasi belajar terlihat dengan antusias siswa yang lebih menyukai membaca buku daripada bermain handphone atau gemar membaca buku di perpustakaan daripada kegiatan yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa siswa menyadari betapa pentingnya manfaat membaca buku terutama bagi seorang pelajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5